Selasa, 09 April 2013

Facebook Home Mirip dengan Windows Phone

Facebook Home adalah launcher Android buatan facebook yang sedang hot dibicarakan saat ini. Dikabarkan Facebook Home akan segera hadir pada Play Store google paling lambat 12 April 2013 ini. Facebook home juga tersedia atau sudah terinstal pada smartphone HTC First, sedangkan smartphone HTC First saat tulisan ini dibuat masih pre-order. Silahkan baca spesifikasi dan harga HTC First untuk melihat detail smartphone terbaru HTC ini.

Facebook Home dirancang dengan konsep people centric, yaitu menempatkan aplikasi sosial diatas semua aplikasi yang terinstal atau lebih mengutamakan sosialisasi dari pada aplikasi-aplikasi lainnya. Hal ini sempat membuat microsoft menyindir facebook, karena konsep ini telah lama berjalan pada windows phone.

Dikutip dari blog Frank X. Shaw (Corporate Vice President of Corporate Comunication Microsoft). 
Setelah saya tahu tentang Facebook Home kemarin, saya melihat kalender beberapa kali. Bukan untuk melihat apakah ini masih hari April Fool, tetapi untuk memastikan apakah ini masih tahun 2011.
Karena isi presentasi Facebook Home sangat mirip dengan perilisan Windows Phone 2 tahun lalu. Ketika kamu duduk dengan kertas kosong dan mendesain Windows Phone, kami menulis 3 kata di dinding sebagai arahan setiap tim: “Put People First” (Utamakan Orang Terlebih Dahulu)
Ketiga kata itu kami pilih karena konsep yang simple: Orang jauh lebih penting daripada aplikasi, jadi smartphone harus didesain dengan berpusat pada anda dan orang yang anda sayangi, bukan aplikasi yang anda gunakan untuk terhubung dengan mereka.
Jadi akhirnya kami bekerja membuat smartphone yang menjawab pertanyaan berikut ini:
Daripada menampilkan daftar aplikasi, kenapa tidak menampilkan orang yang paling penting bagi anda dan memulainya dari sana?
Daripada menjalankan aplikasi untuk melihat icon notifikasi, kenapa tidak meletakkannya saja di homescreen?
Daripada memiliki SMS dan Facebook Messaging dalam thread chat yang berbeda, mengapa tidak menyatukannya dalam satu percakapan?
Daripada memiliki address book terpisah untuk Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Skype, kenapa tidak menyatukannya?
Daripada memiliki foto di smartphone dan di Facebook, kenapa tidak menyatukannya di satu tempat?
Daripada menjalankan aplikasi hanya untuk check in, kenapa tidak nge-tap wajah anda dan melakukannya secara langsung?
Pengguna akan bisa memiliki pengalaman yang berpusat pada dirinya, bukan pada aplikasi.
Jutaan pengguna Windows Phone sudah menikmati fitur ini, dan mereka tidak malu untuk mengatakannya kepada teman mereka. Beberapa teman mereka bahkan cukup frustasi karena tidak bisa mendapatkan pengalaman “people first” di smartphone mereka.
Jadi kami mengerti mengapa Facebook mencoba untuk membawa fotir yang mirip ini ke platform yang tidak memilikinya.
Facebook Home Mirip dengan Windows Phone
Facebook Home
Itulah kutipan dari blog microsoft, mereka yakin kalau facebook home mirip dengan windows phone mereka buat. Karena facebook home belum terinstal di smartphone android milik saya, jadi saya secara pribadi belum dapat menanggapi isu ini.

0 komentar: