This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 27 Januari 2012

J2ME - Kalkulator Sedernaha

Membuat program kalkulator bukanlah hal yang sulit, seperti contoh kode program dibawah ini. Coba anda kembangkan kode program dibawah ini, seperti menambahkan warna dan lainnya.


import javax.microedition.midlet.*;
//mengimport LCDUI
import javax.microedition.lcdui.*;
//supaya program bisa mengerti perintah yang diberikan pada tombol
//supaya bisa merespons perubahan yang terjadi pada textbox maka tambahkanlah perintah ItemStateListener
public class kalkulator extends MIDlet implements CommandListener {
//Mendeklarasikan layar sebagai objek display
Display layar;
//Mendeklarasikan fm sebagai objek form
Form fm;
//Mendeklarasikan panjang,lebar,luas sebagai TextField
TextField bil1,bil2,hasil;
//mendeklarasikan hitung dan keluar sebagai command
Command jumlah,kurang,kali,keluar,help,bagi;
public void startApp() {
//menggunakan objek display
layar=Display.getDisplay(this);
//menggunakan 0bjek form
fm=new Form("Kalkulator V.01 By Idi");
//menggunakan objek textbox
bil1=new TextField("Bil1 :","",20,TextField.NUMERIC);
bil2=new TextField("Bil2 :","",20,TextField.NUMERIC);
hasil=new TextField("Hasil :","",20,TextField.UNEDITABLE);
//menggunakan command
bagi=new Command("Bagi (/)",Command.OK,0);
jumlah=new Command("Tambah (+)",Command.OK,0);
kurang=new Command("Kurang (-)",Command.OK,0);
kali=new Command("Kali (*)",Command.OK,0);
keluar=new Command("Keluar",Command.OK,0);
help=new Command("Help",Command.HELP,0);

//meletakkan textbox di atas form
fm.append(bil1);
fm.append(bil2);
fm.append(hasil);
//meletakkan command diatas form
fm.addCommand(jumlah);
fm.addCommand(kurang);
fm.addCommand(kali);
fm.addCommand(bagi);
fm.addCommand(keluar);
fm.addCommand(help);
//supaya tombol bisa berfungsi
fm.setCommandListener(this);
//fm.setItemStateListener(this);
//meletakkan form di atas objek layar

layar.setCurrent(fm);

}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}

public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if(c==keluar){
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
}

if (c==jumlah){
int nbil1,nbil2,nhasil;
nbil1=Integer.valueOf(bil1.getString()).intValue();
nbil2=Integer.valueOf(bil2.getString()).intValue();
nhasil=nbil1+nbil2;
hasil.setString(nhasil+"");
}
if (c==bagi){
double nbil1,nbil2,nhasil;
nbil1=Integer.valueOf(bil1.getString()).intValue();
nbil2=Integer.valueOf(bil2.getString()).intValue();
nhasil=nbil1/nbil2;
hasil.setString(nhasil+"");
}
if (c==kurang){
int nkbil1,nkbil2,nkhasil;
nkbil1=Integer.valueOf(bil1.getString()).intValue();
nkbil2=Integer.valueOf(bil2.getString()).intValue();
nkhasil=nkbil1-nkbil2;
hasil.setString(nkhasil+"");
}
if (c==kali){
int nkalbil1,nkalbil2,nkalhasil;
nkalbil1=Integer.valueOf(bil1.getString()).intValue();
nkalbil2=Integer.valueOf(bil2.getString()).intValue();
nkalhasil=nkalbil1*nkalbil2;
hasil.setString(nkalhasil+"");
}
}


}

Minggu, 22 Januari 2012

J2ME - Program Zodiak Sedernaha

Berikut ini adalah program zodiak sederhana, dan menurut saya masih banyak kekurangannya. Anda bisa bereksperimen sediri nantinya. Misalnya menambahkan kotak input yang meminta tanggal, bulan dan tahun lahir yang sebelumnya tidak ada pada program ini.

import java.util.Calendar;
import java.util.Date;
import java.util.TimeZone;
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;


public class zodiak extends MIDlet implements CommandListener {
Display layar;
Form fm;
DateField df1,df2,df3;
TextField tanggal,zodiak;
Command proses;
Calendar cal;
public void startApp() {
layar=Display.getDisplay(this);
fm=new Form("Tanggal dan Waktu");
df1=new DateField("Tanggal",DateField.DATE);
df2=new DateField("waktu",DateField.TIME,TimeZone.getTimeZone("GMT+07:00"));
df3=new DateField("Tanggal dan Waktu",DateField.DATE_TIME);
tanggal=new TextField("Tanggal","",50,TextField.ANY);
proses=new Command("Proses",Command.OK,0);
cal=Calendar.getInstance();

//menampilkan tanggal dan waktu sekarang
df1.setDate(new Date());
df2.setDate(new Date());
df3.setDate(new Date());

fm.append(df1);
fm.append(df2);
fm.append(df3);
fm.append(tanggal);
fm.addCommand(proses);
fm.setCommandListener(this);
layar.setCurrent(fm);

}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}

public void commandAction(Command c, Displayable d) {
int tgl,bulan,tahun,jam,menit,detik;
if(c==proses){
//tanggal.setString(df1.getDate()+"");
cal.setTime(df1.getDate());
tgl=cal.get(Calendar.DATE);
bulan=cal.get(Calendar.MONTH)+1;
tahun=cal.get(Calendar.YEAR);
if((tgl>=22 && bulan==12) || (tgl<=19 && bulan==1))
tanggal.setString("Capricorn");
else if((tgl>=20 && bulan==1) || (tgl<=18 && bulan==2))
tanggal.setString("Aquarius");
else if((tgl>=19 && bulan==2) || (tgl<=20 && bulan==3))
tanggal.setString("Pisces");
else if((tgl>=21 && bulan==3) || (tgl<=19 && bulan==4))
tanggal.setString("aries");
else if((tgl>=20 && bulan==4) || (tgl<=20 && bulan==5))
tanggal.setString("Taurus");
else if((tgl>=21 && bulan==5) || (tgl<=20 && bulan==6))
tanggal.setString("Gemini");
else if((tgl>=21 && bulan==6) || (tgl<=22 && bulan==7))
tanggal.setString("Cancer");
else if((tgl>=23 && bulan==7) || (tgl<=22 && bulan==8))
tanggal.setString("leo");
else if((tgl>=23 && bulan==8) || (tgl<=22 && bulan==9))
tanggal.setString("Virgo");
else if((tgl>=23 && bulan==9) || (tgl<=22 && bulan==10))
tanggal.setString("Libra");
else if((tgl>=23 && bulan==10) || (tgl<=21 && bulan==11))
tanggal.setString("Scorpio");
else if((tgl>=22 && bulan==11) || (tgl<=21 && bulan==12))
tanggal.setString("Sagitarius");

}
}
}

J2ME - Menampilan Date dan Time

Kode dibawah ini mendemonstrasikan bagaimana cara menampilkan Date dan Time di J2ME.


import java.util.Timer;
import java.util.TimerTask;
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;


/**
* @author idisuwardi.blogspot.com
*/
public class waktu extends MIDlet {
Display layar;
Form fm;
Timer tm;
TimerJalan task;
public void startApp() {
layar=Display.getDisplay(this);
fm=new Form("Pemakaian Timer");
tm=new Timer();
task=new TimerJalan();
tm.schedule(task,0,5000);
layar.setCurrent(fm);
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public class TimerJalan extends TimerTask{
public final void run(){
fm.append("Timer selesai Dijalankan");
}
}
}

Pada kode di atas ketika dijalankan akan menghasilkan output "Timer selesai dijalankan" yang diulang selama selang waktu 5 detik.

J2ME - Membuat Program StopWatch Sederhana


Berikut ini adalah program StopWatch sederhana yang saya buat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Di program ini hanya ada tombol start untuk memulai/ menjalankan dan Pause untuk berhenti.

import java.util.Timer;
import java.util.TimerTask;
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

/**
* @author Idisuwardi.blogspot.com
*/
public class stopwatch extends MIDlet implements CommandListener {
Display layar;
Form fm;
Timer tm;
TimerJalan task;
TextField tf;
Command start,pause;

public void startApp() {
layar=Display.getDisplay(this);
fm=new Form("Pemakaian Timer");


tf=new TextField("Stop Watch","",50,TextField.ANY);
start=new Command("Start",Command.OK,0);
pause=new Command("pause",Command.OK,0);

fm.append(tf);
fm.addCommand(start);
fm.setCommandListener((CommandListener) this);
layar.setCurrent(fm);
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}

public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if(c==start){
fm.removeCommand(start);
fm.addCommand(pause);
tm=new Timer();
task=new TimerJalan();
tm.schedule(task,0,100);
}
if(c==pause){
fm.removeCommand(pause);
fm.addCommand(start);
tm.cancel();
}
}
public class TimerJalan extends TimerTask {
int i,mdetik,detik,menit,jam;
public final void run(){
++mdetik;
if (mdetik>=9){
detik=detik+1;
mdetik=0;
}
if(detik>59){
menit=menit+1;
detik=0;
}
if(menit>59){
jam=jam+1;
menit=0;
}
tf.setString(jam+":"+menit+":"+detik+":"+mdetik);

}
}

}


Silahkan berexperiment sendiri dengan kode diatas, jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan. Selamat mencoba.

Kamis, 29 Desember 2011

Membuat Web Apps Sederhana untuk Google Chrome

Bagi pengguna google chrome tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya web apps. Web apps adalah sebuah aplikasi yang berjalan didalam browser dan memiliki user interface yang interaktif, misalnya games, photo editor, pemutar video, dan lainnya. Selain apps ada juga yang namanya extension (atau pada Firefox dikenal dengan Add-Ons). (Web) apps berbeda dengan extension, extension mirip dengan apps tapi tidak memiliki user interface dan lebih fokus ke fiturnya.

Web Apps Google Chrome


Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang cara mudah membuat Web Apps untuk Google Chrome. Yang anda butuhkan adalah:
1. Browser Google Chrome (Wajib).
2. Text Editor seperti notepad, notepad++ dan lainnya. Disini saya menggunakan notepad++, text editor ini nantinya akan kita gunakan untuk menulis kode program json.
3. Sebuah icon berukuran 128 x 128 pixel, icon ini nantinya akan dijadikan ikon web apps kita.

Membuat Manifest

Sebelumnya buatlah sebuah folder kosong, letakkan di mana saja dan berinama WebApps. Kemudian buka text editor, dan buat atau kopi paste kode dibawah ini:

{

"name": "Idi Suwardi",

"description": "Learning and Sharing Center - Official Blog Of Idi Suwardi",

"version": "1.0",

"icons": {

"128": "128.png"

},

"app": {

"urls": [

"http://idisuwardi.blogspot.com/"

],

"launch": {

"web_url": "http://idisuwardi.blogspot.com/"

}

},

"permissions": [

"unlimitedStorage"

]

}

Ubah name, description, urls, dan web_url sesuai dengan kebutuhan. Simpan kode manifest diatas dengan nama manifest.json kedalam folder WebApps yang telah kita buat sebelumnya.

Nah, langkah selanjutnya adalah meletakkan icon yang telah kita buat sebelummnya ke dalam folder WebApps. Ingat ukuran ikon harus 128 x 128 pixel dan diberinama 128.png (sesuai dengan yang tertulis dalam manifest.json).



Setelah itu, lakukan packing untuk Web Apps yang telah kita buat dengan cara jalankan Google Chrome, buka Options dan masuk ke menu Extensions. Beri centang pada Developer mode dan klik tombol Load unpacked extension…, lalu telusuri dan pilih folder WebApps sebagai root directory dari apps Anda. Kalau berhasil, maka ikon apps akan langsung muncul pada daftar extensions seperti ini:


Oiy, Web apps yang kita buat itu belum terinstall ke browser, karena hanya di load dari folder WebApps tadi. Kalau Anda menghapus folder WebApps maka apps yang ada di browser juga akan menghilang. Untuk menginstalnya lansung Anda bisa mengklik tombol Pack extension… lalu pada bagian root directory klik tombol browse dan pilih lagi folder WebApps. Kalau berhasil, akan terbentuk sebuah file .crx. Drag file .crx ini ke Google Chrome atau Chromium untuk menginstalnya.

Bagi anda yang ingin mencoba web apps buatan saya, bisa download disini.
Oke, sekian dulu cara membuat Web Apps Sederhana untuk Google Chrome...Selamat Mencoba.

Rabu, 28 Desember 2011

Webmatrix, Apakah itu?

Anda suka ngeblog?, hari ini saya akan sharing tool gratis buatan microsoft. Tool gratis ini menjadi andalan saya untuk mendevelop website, apa nama tool gratis tersebut?... Webmatrix, itulah namanya. WebMatrix adalah web development tool gratis buatan microsoft. Webmatrix menyatukan server, database, dan programming frameworks menjadi satu. WebMatrix memungkinkan Anda untuk coding html, php, asp, javascript dll dan melakukan uji terhadap aplikasi yang dibuat.

 Dengan WebMatrik membuat website lebih mudah karena didalamnya sudah terintegrasi dengan lightweight development tool, IIS Developer Express, SQL Server Compact, dan ASP.Net extensions.



Dengan Webmatrix anda tidak perlu lagi menginstall server, karena webmatrix sudah menyediakannya. Tidak hanya itu, jika anda suka mendevelop blog dengan cms seperti wordpress, drupal dan jombla, semuanya ada di galeri webmatrix. Apa kelebihan lainnya?, silahkan download dan coba sendiri webmatrix. Download webmatrix disini.

Selasa, 27 Desember 2011

Membaca Email Mugi.or.id di Micosoft Outlook 2010

Setelah beberapa waktu lalu membuat email gratis @mugi.or.id, saya ingin membaca email mugi.or.id tersebut di microsoft outlook 2010 namun tidak bisa. Berkat bantuan Bang Li yang merupakan Ketua Mugi Medan barulah saya bisa membaca email mugi.or.id tersebut di microsoft outlook 2010.
Berikut cara yang saya lakukan untuk membaca email mugi.or.id di microsoft outlook 2010, cara ini berlaku juga di microsoft outlook 2007. Saya asumsikan anda sudah mempunyai email @mugi.or.id, jika belum punya silahkan buat di sini : http://mugi.or.id.

1. Download dan Install OutlookConnector. OutlookConnector adalah konektornya email hotmail agar bisa dibaca di microsoft outlook.
2. Masuk ke Microsoft Outlook 2010, klik Menu File > Info, pilih Add Account.


3. Kemudian Pilih Manual Configure Server Setting.....



4. Pilih Other > Microsoft Outlook Hotmail Connector


5. Selanjutnya masukkan Nama, Email, dan Password email Mugi.Or.Id anda. Klik OK untuk melanjutkan, Biarkan sampai proses konfigurasi selesai. Setelah itu anda dapat membaca email mugi.or.id di microsoft outlook 2010.





6. Selesai

Bagi anda yang belum tahu, sekilas tentang apa itu MUGI. MUGI (Microsoft User Group Indonesia) adalah komunitas nirlaba, bersifat mandiri, mengutamakan azas kekeluargaan, dan persaudaraan yang saling menolong. Seperti layaknya sebuah organisasi, MUGI pun mempunyai visi dan misi. Visi MUGI adalah "Mencerdaskan masyarakat Indonesia yang madani melalui pengenalan dan penerapan teknologi informasi". Sedangkan Misi "Berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang penggunaan teknologi informasi khusus produk Microsoft di Indonesia". Mugi dapat anda kunjungi di http://mugi.or.id.